Kegiatan Manusia Yang Dapat Menganggu Keseimbangan Ekosistem

Kegiatan Manusia Yang Dapat Menganggu Keseimbangan Ekosistem
Keseimbangan ekosistem adalah kondisi interaksi yang harmonis dan seimbang dalam ekosistem. Ekosistem dikatakan bersifat seimbang apabila dalam lingkungan terjadi penurunan dan kenaikan populasi dalam batas-batas seharusnya.
Berikut ini kegiatan yang dapat menganggu keseimbangan ekosistem:
  1. Penebangan pohon secara liar dan pembakaran hutan
    Penebangan dan pembakaran hutan dapat menyebabkan suatu daerah menjadi tandus, banjir di daerah hilir, dan kematian hewan-hewan di hutan.
  2. Perburuan hewan dan penebangan tumbuhan secara terus menerus
    1. Penangkapan ikan di laut dengan racun atau peledak. Tindakan ini berdampak antara lain pada hancurnya terumbu karang.
    2. Penangkapan ikan dengan kapal-kapal pukat harimau dapat menimbulkan penurunan jumlah ikan di laut. Sebab, dengan pukat harimau ikan kecil akan ikut terjaring dan mati.
    3. Hewan dan tumbuhan yang sering dimanfaatkan bagian tubuhnya dan mengarah pada kepunahan antara lain: Harimau, badak, Gajah, Buaya, Ikan hiu, Orang utan, penyu, pohon cendana, tanaman edelweiss dan pohon jati.
  3. Pengguanan Pupuk Yang Berlebihan
    Penggunaan pupuk yang benar disesuaikan dengan kebutuhan tanaman yang bersangkutan. Penggunaan pupuk yag berlebihan dapat menyebabkan adanya zat hara yang tidak terserapn tanaman sehingga gulma dapat tumbuh subur.
  4. Penggunaan Pestisida Secara Berlebihan 
    Untuk memberantas hama, petani menggunakann pestisisa untuk insektisida. Penggunaan insektisida dan pestisida ini harus sesuai dengan ketentuan agar tidak membunuh mahluk hidup yang lain, seperti burung atau hewan lainnya yang tidak merusak tanaman.
    Contoh penggunaan insektisida yang merusak ekosistem adalah penggunaan yang tidak tepat waktu, jumlahnya berlebihan, dan jenis insektisida yang tidak sesuai.
  5. Pembuangan limbah dan sampah
    Sebagian besar aktivitas yang dilakukan manusia pasti menghasilkan sampah atau limbah. Mulai dari limbah rumah tangga (plastik), pertanian (pestisida), transportasi (asap), sampai limbah industri (limbah cair dan asap).
    Sampah dan limbah tersebutada yang mudah diuraikan dan ada pula yang sulit diuraikan. Jika pengolahan sampah tidak dilakukan dengan benar, yang terjadi adalah kerusakan lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com