Perubahan Sifat Benda

Perubahan sifat benda dapat diakibatkan oleh pembakaran, pemanasan dan pendinginan, pembusukan, pencampuran dengan air, serta perkaratan.

  1. Pembakaran
    Pembakaran menyebabkan terjadinya perubahan bentuk, warna, kelenturan, dan bau ada benda. Benda padat yang dbakar akan mengalami perubahan bentuk. Misalnya, kayu yang dibakar akan berubah bentuk menjadi arang dan abu.
  2. Pemanasan dan Pendinginan
    Pemanasan dapat menyebabkan prubahan wujud cair mnjadi uap dan padat menjadi cair. Adpun pendinginan dapat mengubah wujud benda cair menjadi padat dan gas menjadi cair. Contoh air yang didinginkan di dalam freezer akan brubah menjadi es batu. Ketika merebus air, sebagian air yang dipanaskan akan berubah wujud menjadi uap.
  3. Pembusukan
    Pembusukan disebabkan oleh bakteri pembusuk. Bakteri pembuuk adalah mahluk hidup sangat kecil yang dapat menyebabkan makanan menjadi busuk. Pembusukan dapat menyebkan perubahan bentuk, warna bau dan kkerasan benda.
  4. Pencampuran dengan air
    Pencampuran dengan air dapat menyebabkan perubahan bentuk benda. Misalnya, gula dan garam jika dicampur dengan air dan diaduk akan larut dan tidak terlihat lagi bentuknya.
  5. Perkaratan
    Perkaratan disebbkan oleh kelembpan udara dan banyak sedikitnya oksigen di daerah tertentu. Perkaratan dapat mengubah warna dan bentuk benda. Perkaratan dapt dicegah dengan cara pengecatan. Jadi cara mencegah barang-barang agar tidak mudah karatan adalah dengan cara di cat dengan cat besi.
Itulah beberapa perubahan sifat dan bentuk pada benda yang ada disekitar kita, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com