Materi IPA Kelas 3 SD/MI Ciri-ciri Makhluk Hidup

A. Ciri-Ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup
  1. Makhluk Hidup Membutuhkan Makan dan Minum
    Manusia adalah makhluk hidup. Manusia harus makan dan minum agar dapat hidup. Bayi yang baru lahirpun juga harus minum ASI agar dapat hidup.Tumbuhan dan hewan juga makhluk hidup. Tumbuhan dan hewan juga membutuhkan makan dan minum. Bagaimana cara tumbuhan dan hewan makan? Tumbuhan makan dengan cara menyerap air dan unsur hara dari dalam tanah. Itulah sebabnya mengapa kita harus menyiram tanaman. Kita juga memberi pupuk tanaman. Jika kita lupa menyiram, tanaman akan menjadi layu, akhirnya mati. Begitu juga manusia jika tidak makan. Badannya akan lemas dan akhirnya kurus. Lalu sakit dan akhirnya meninggal. Hewan pun juga butuh makan, dan akan mati jika tidak makan. Semua makhluk hidup harus makan untuk mempertahankan hidupnya.

    Semua makhluk hidup membutuhkan makan dan minum. Kebanyakan daun tumbuh-tumbuhan berwarna hijau. Tumbuhan hijau
    membuat makanan dengan bantuan sinar matahari. Sinar matahari membantu mengubah air dan karbon dioksida di dalam daun. Proses ini disebut dengan fotosintesis.

  2. Makhluk Hidup Tumbuh
    Manusia mengalami pertumbuhan. Manusia lahir berupa bayi kecil. Bayi diberi ASI untuk pertumbuhannya. Semakin lama bayi akan menjadi balita, kemudian menjadi semakin besar, semakin tinggi dan berat badannya bertambah. Begitu juga hewan juga mengalami pertumbuhan. Seekor ayam betina bertelur. Telur-telur tersebut akan menetas setelah dierami selama 21 hari. Anak ayam akan keluar dari telur. Anak ayam akan mencari makan dengan induknya. Semakin hari tubuh anak ayam semakin besar, tinggi dan berat. Anak ayam tumbuh besar menyerupai induknya.

    Apakah tumbuhan juga mengalami pertumbuhan? Ya, tumbuhan semula kecil menjadi semakin besar. Hal tersebut membuktikan bahwa tumbuhan juga mengalami pertumbuhan. Untuk lebih jelasnya, kita akan mengamati pertumbuhan tanaman kacang hijau.

  3. Makhluk Hidup Berkembang Biak
    Berkembang biak adalah menghasilkan keturunan yang sama seperti induknya. Makhluk hidup berkembang biak untuk melestarikan jenisnya. 
    Makhluk hidup berkembang biak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia berkembang biak dengan cara melahirkan. Kita semua dilahirkan dari seorang ibu. Seorang ibu melahirkan bayi. Bayi itu seperti orang tuanya.
    Hewan juga berkembang biak. Cara hewan berkembang biak ada yang bertelur dan ada pula yang beranak. Ayam, ikan gurame, lele, burung berkembang biak dengan cara bertelur dan telur akan menetas menjadi anak. Sedangkan sapi, kambing, anjing berkembang biak dengan cara beranak.

    Tumbuhan berkembang biak dengan cara yang berbeda-beda, Cara tumbuhan berkembang biak ada yang secara alami dan buatan. Perkembangbiakan secara alami melalui biji dan tunas. Perkembangbiakan secara buatan dengan cara cangkok, stek, dan okulasi.
    Contoh tumbuhan yang bertunas di pangkal batang adalah pohon pisang. Sedangkan perkembangbiakan buatan dapat dilakukan pada pohon mangga. Pohon mangga dicangkok oleh manusia dan akan dihasilkan pohon mangga baru.

  4. Makhluk Hidup Bergerak
    Bagaimana kamu sampai dapat ke sana dan kemari? Kamu berjalan bukan? Kalau kamu naik sepedapun juga harus mengayuh sepeda dengan kaki. Manusia berjalan atau berlari dengan menggunakan kaki. Burung terbang dengan menggunakan sayap.

    Kelinci melompat dengan menggunakan kaki. Ikan berenang dengan menggunakan sirip. Ular dan cacing bergerak dengan perutnya. Kita dapat melihat jelas jika manusia dan hewan bergerak. Karena manusia dan hewan dapat berpindah tempat.
    Semua makhluk hidup bergerak. Bagaimana cara tumbuhan bergerak? Apakah tumbuhan juga dapat bergerak? Pohon mangga di depan rumah tidak dapat berjalan ke belakang rumah. Rumput di halaman sekolah tidak dapat mengikuti kita pulang ke rumah.
    Tumbuhan bergerak tanpa berpindah tempat.
  5. Makhluk Hidup Bernapas
    Apa yang akan terjadi jika lubang hidung kita tutup? Kita akan sulit bernapas. Lama kelamaan kita akan meninggal. Semua makhluk hidup harus bernapas supaya dapat hidup. Makhluk hidup bernapas menghirup oksigen, dan menghembuskan napas mengeluarkan karbon dioksida.

    Manusia bernapas dengan paru-paru melalui hidung. Cara hewan bernapas berbeda-beda. Ada hewan yang bernapas dengan paru-paru. Ada pula dengan alat lainnya. Misal, anjing, kucing, lembu bernapas dengan paru-paru. Berbeda dengan katak, ia bernapas dengan paruparu dan kulit.
    Ikan bernapas dengan insang. Ada juga ikan yang bernapas dengan paru-paru.Yaitu, ikan lumba-lumba, hiu, dan paus. Sedangkan cacing bernapas dengan kulit. Tumbuhan juga mempunyai alat pernapasan. Udara masuk ke dalam tumbuhan melalui permukaan bawah daun, akar, dan batang. Alat pernapasan pada permukaan daun disebut stomata (mulut daun).
  6. Makhluk Hidup Peka terhadap Rangsangan
    Apa yang kamu rasakan jika kamu dicubit? Kamu akan merasa sakit kemudian berteriak. Hal ini membuktikan bahwa manusia peka terhadap rangsangan. Apakah tumbuhan dan hewan juga peka terhadap rangsangan? Apa yang terjadi, jika kamu menyentuh siput, binatang kaki seribu, dan tumbuhan putri malu?

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com