Jenis-jenis Batuan

Diperut bumi terdapat cairan batuan yang sangat panas. Cairan itu disebut magma. Magma dapat keluar dalam perut bumi melalui letusan gunung berapi. Magma yang keluar dari dan mengalir disebut lava. Lava yang keluar dari gunung berapi akan membentuk batuan.
Berdasarkan cara terbentuknya, batuan dibedakan dalam tiga golongan, yaitu:

  1. Batuan beku
  2. Batuan sedimen
  3. Batuan metamorfik.
Batuan Beku
  1. Batu apung termasuk batuan beku. Batuan tersebut berwarna keabu-abuan, berpori-pori, bergelembung, ringan terapung dalam air. Batu ini cara pembentukannya dari pendinginan cepat lava yang bergelembung-gelembung gas dan terjadi di permukaan bumi.


  2. Batu Bereaksi, juga termasuk jenis batuan beku. Batu ini gabungan pecahan-pecahan yang berasal dari letusan gunung berapi, misalnya kaca dan kuarsa. Cara terbentuknya bahan-bahan tersebut terlempar tinggi ke udara da bersatu.




  3. Obsidian, juga termasuk batuan beku. Warnanya hitam, seperti kaca, tidak ada kristal-kritas. Cara pembentuannya dari lava permukaan yang mendingin dengan cepat.




  4. Granit, juga termasuk jensi batuan beku. Terdiri atas kristal-kristal kasar, warna putih sampai abu-abu, kadang-kadang jingga. Cara pembentukannya dari pendinginan lambat lava dan batuan cair dalam tanah.
  5. Basalt, juga termasuk jenis batuan beku. Terdiri atas kristal-kristal yang sangat kecil, berwarna hijau keabu-abuan dan berlubag-lubang. Cara pembentukan batu basalt ini adalah dari pendinginan lava dan penguapan gas-gas membentuk lubang-lubang.
Batuan Sedimen
Batuan sedimen terdiri dari:
  1. Batuan konglomerat, yang berupa kerikil bulat, berbatu-batu dan berpasir yang merekat satu sama lainnya. Cara terbentuknya batuan konglomerat adalah dari bahan-bahan lepas yag dimampatkan oleh tekanan sedimen dan diikat oleh semen alam.
  2. Batu pasir, jelas terjadi dari butir-butir pasir kuning, merah. Cara terbentuknya batu pasir adalah dari pasir yang dimampatkan dan diikat oleh semen alam.
  3. Batu serpih, baunya seperti tanah liat, batu ni agak lunak.
  4. Batu kapur, batu ini agak lunak, warnanya putih, merah keabu-abuan, membentuk gas karbondioksida kalau ditetesi asam. 
Batu Metamorrfik
Batu metamorfik terdiri atas:
  1. Batu pualam
    Campuran warna yang berbeda-beda dapat mempunyai pita-pita warna, kristal-kristal sedang sampai kasar, bila ditetesi asam mengeluarkan bunyi mendesis
  2. Batu Sabak, berwarna abu-abu, kehijau-hjauan, hitam, merah dapat dibelah-beah menjadi lempeng-lempeng tipis, lebih keras dari batu serpih. Terjadi bila batu serpihkena suhu dan tekanan tinggi.
  3. Kuarsa, batu ini sangat keras, warnaynya putih, merah keabu-abuan, butir-butirnya tidak jelas, agak seperti kaca. 

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com