Beberapa Penyakit Yang Menyerang Alat reproduksi Manusia

Akhir-akhir ini banyak sekali berbagai jenis penyakit kelamin yang menyerang manusia. hal ini dikarenakan gaya hidup mereka yang tidak teratur dan tidak menjaga kebersihan dan masih banya faktor lain yang menyebabkan timbulnya berbagai penyakit kelamin ini. Diantara penyakit yang menyerang alat reproduksi manusia ini antara lain:
  1. AIDSAIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome), Acquired berarti diperoleh, Immuno Deficiency berarti kekebalan yang rapuh dan Syndrom berarti penyakit, sehingga pengidap AIDS mudah sekali terserang penyakit yang berbahaya.
    1. Penyebab AIDSAIDS disebabkan oleh virus, yang diberi nama HIV (Human Immuno Deficiency Virus), virus ini menyerang sel darah putih tertentu, dimana sel darah putih berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh yaitu menangkal infeksi atau serangan penyakit terhadap tubuh. Apabila virus HIV bersarang dalam sel darah putih dan merusak sel darah putih maka tubuh akan menjadi lemah dan mudah terserang penyakit.
    2. Penularan AIDSVirus HIV dapat berpindah dari seseorang ke orang lain atau dengan kata lain penyakit AIDS dapat menular. Penularan AIDS tidak menyebar melalui udara, atau karena berjabat tangan dengan penderita AIDS juga tidak menular melalui peralatan makan penderita AIDS. Tetapi virus HIV dapat menular masuk ke tubuh orang lain melalui transfusi darah (donor darah seseorang yang terinfeksi HIV) atau melalui alat-alat yang menyebabkan luka, seperti jarum suntik, jarum infus, dapat juga melalui kontak seksual.
  2. HIVPencegahannyaSampai  sekarang belum ditemukan cara pengobatan yang efektif pada penderita AIDS, oleh karena itu akan lebih baik bila kita berusaha menghindari penyakit ini dengan cara mencegah penularan virus HIV, antara lain:
    1. Menggunakan jarum suntik yang steril dan jarum yang sekali pakai lalu dibuang.
    2. Memeriksa darah sebelum transfusi darah, sehingga darah dapat dipastikan tidak terinfeksi virus HIV.
    3. Hanya melakukan kontak seksual dengan pasangannya yang sah.
  3. GonoreaPenyakit ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini dapat ditularkan melalui kontak seksual. Penderita gonorea akan merasakan sakit pada saat urinasi, kadang-kadang urine mengeluarkan nanah, jika penderita gonorea tidak diobati dapat merusak saluran reproduksi yaitu saluran sperma pada pria dan saluran tuba falopii pada wanita sehingga dapat mengakibatkan kemandulan.
  4. SifilisSifilis disebabkan oleh sejenis bakteri Treponema pallidium, bakteri ini biasa ditularkan melalui kontak seksual, namun demikian bakteri ini juga dapat ditularkan melalui jalan lain, misalnya bayi yang dilahirkan dari ibu penderita sifilis. Penyakit ini akan ditandai dengan adanya luka pada alat kelamin dan jika tidak segera diobati bakteri dapat merusak sel otak, melumpuhkan tulang atau merusak jantung dan pembuluh darah.
Itulah beberapa penyakit yang dapat menyerang organ reproduksi manusia, saran saya jagalah kebersihan alat reproduski kita agar terhindar dari berbagai penyakit kelamin tersebut.

16 komentar:

  1. semoga aja enggak kena deh,,ngeri itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hem makanya di gembok anunya mas rip biar gak kena, wkakakaka

      Hapus
    2. yang udah nikah lagi cermah nih, nyimak aja ahhh :)

      Hapus
  2. ini merupakan salah satu penyakit yang wajib di hindari ya mas, dan perlu adanya pendidikan lanjutan untuk usia dini agar nantinya tidak terpengaruh dalam kebebesan pergaulan yang mengakibatkan timbulnya penyakit kelamin ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini suatu hal yang sangat perlu di ketahui oleh semua orang, terutama yang masih bujangan agar jangan sampai sembarang dalam pergaulan...kalau kata zambrud, enaknya dikit sakitnya banyak...#senandung-raja-singa

      Hapus
  3. Ih ngeri juga ya mas, mudah-mudahan kita semua terhindar dari penyakit tersebut diatas. Amien.
    Thanx info nya mas, salam kenal aja.

    BalasHapus
  4. Tapi mesti hati-hati juga mungkin mas berjabat tangan juga, jangan sampai bila kita mempunyai luka di tangan dan si penderita aids juga sama itu kata temen saya juga bisa menjadi jalan untuk menularkan aids..
    kalau menurut mas gimana tentang pendapat teman saya itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti kita harus hati hati dalam berjabat tangan denganorg yg tdk sehat ya gan

      Hapus
    2. sebenarnya bukan masalah interaksi kulit, namun interaksi darah dan air liur itu yang bisa menyebabkan HIV menular, lainnya aman gan.

      Hapus
  5. semoga aja jangan kena penyakit itu...makanya harus setia pada satu pasangan resmi ya gan...ngeri juga setelah membaca artikel mengenai beberapa penyakit yang bisa menyerang alat pital manusia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja ya mbah, kita tinggal hati-hati saja

      Hapus
  6. virusHIV bahaya sekali yamas, kalo menular berarti kasian juga yah bagi penderitanya ga bisa nikah dong sebelum sembuh?heuheu
    semoga kita sehat aja yamas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya oleh karena itu kita harus mawas diri masalah kesehatan

      Hapus
    2. mawas diri dan memang harus setia pada satu pasangan dan mau mensyukuri dari apa yang kita dapatkan dari pasangan kita mas...

      Hapus
    3. Ya mbah kita memang harus mawas diri supaya tidak terjangkit

      Hapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com