Kelenjar Timus dan fungsinya

Sebelum kita belajar mengenai fungsi kelenjar timus, apa sih kelenjar timus itu? Klenjar timus adalah kelenjar yang berbentuk piramida yang letaknya dibawah leher.
Timus memainkan peran penting dalam fungsi sistem kekebalan tubuh Anda. Terletak di belakang tulang sternum (atau dada) dan di depan jantung, ia bertanggung jawab untuk pengembangan dan pelatihan sel T (atau Limfosit T) yang merupakan struktur penting dalam tubuh Anda karena mereka berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh yang diperoleh atau khusus. Secara struktural, timus terdiri dari dua lobus (kiri dan kanan) yang identik satu sama lain dan hadir antara paru-paru kiri dan kanan. Struktur kelenjar ini rentan terhadap sejumlah penyakit ringan dan fatal, yaitu penyakit autoimun, gangguan hipersensitivitas, kanker, dan immunodeficiency sindrom.


Bagian dari kelenjar timus
Jika Anda melihat struktur anatomi dari dua lobus yang sama dari kelenjar timus, Anda dapat dengan mudah membuat perbedaan antara daerah pusat dan perifer yang masing-masing disebut medula dan korteks. Namun, komponen utama ketiga adalah lapisan pelindung yang mengelilingi korteks perifer, yang disebut kapsul luar. Kedua struktural dan fungsional berbagai jenis sel, hadir dalam organ, ditugaskan dengan tugas yang berbeda untuk pengembangan limfosit T, dan diberi nama sebagai hematopoietik dan sel-sel stroma. Sel T, yang diproduksi di dalamnya, disediakan dengan wilayah tertentu yang memungkinkan mereka menyerang pada zat-zat asing yang berbahaya, yang disebut reseptor. Untuk mendapatkan informasi lebih tentang kelenjar timus, terus membaca sisa artikelnya.

Fungsi kelenjar Timus

Fungsi kelenjar Timus
Peran utama ditugaskan untuk kenjar yang ada di leher ini (istilah alternatif untuk timus) adalah untuk memfasilitasi fungsi sistem kekebalan adaptif tubuh Anda. Sebuah jenis tertentu dari leukosit atau sel darah putih, yang disebut limfosit T, dididik di wilayah ini yang kemudian dilepaskan ke dalam aliran darah dan mengatur untuk menyerang dan menetralisir zat berbahaya yang mendapatkan masuk ke dalam tubuh. Untuk pemenuhan sel – imunitas dimediasi, sel T memiliki wilayah khusus pada permukaan mereka yang memungkinkan mereka mengenali dan menyerang peptida antigen tertentu dan menghilangkan risiko yang mungkin disebabkan oleh hal itu. Di sini Anda harus membedakan antara fungsi sel B & T, di mana sel B mampu mengenali antigen yang mengambang bebas dalam tubuh, sedangkan yang kedua tidak bisa mengenali mereka. Namun, sel T menyelesaikan tugas-tugas sel – imunitas yang dimediasi dalam dua cara yang berbeda, yaitu mereka dapat secara langsung menyerang sel-sel kanker atau terinfeksi atau langsung dan mengatur respon imun dalam tubuh Anda.

Penyakit pada kelenjar timus
Ada dua kategori yang lebih luas dari gangguan imunologi yang berhubungan dengan kelenjar timus, yaitu. imunodefisiensi (atau penyakit autoimun) dan alergi (atau hipersensitivitas). Beberapa penyakit pada organ ini adalah bisa ringan, sementara yang lain yang berhubungan dengan gejala berat yang bahkan dapat menyebabkan kematian korban. Ditandai dengan respon imun yang berlebihan atau tidak sesuai dengan antigen yang umum dalam tubuh, hipersensitivitas dipicu oleh zat yang disebut alergen. , Gangguan yang tidak ringan ini, kadang-kadang dapat diperburuk menyebabkan gejala ekstrim dan fatal, kondisi medis biasanya disebut sebagai anafilaksis. Saat perkembangan kekuatan pertahanan sistem imun Anda, yaitu Limfosit T, terjadi di sini, kelainan atau cacat pada organ ini yang buruk dapat mengganggu fungsi mekanisme pelindung yang bahkan dapat mengakhiri kehidupan individu. Gangguan mematikan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) hasil dari serangan HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang tidak hanya menghancurkan sel-T dewasa, tetapi juga merusak timosit yang sedang dikembangkan pada organ. Dalam sebagian besar kasus, penghancuran besar-besaran leukosit (sel darah putih), akhirnya menyebabkan kematian dari korban.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com