Hubungan Tumbuhan Hijau dengan Air



Tumbuhan bekerja seperti pabrik mungil yang melakukan berbagai macam proses. Untuk melakukan semua proses itu, tumbuhan memerlukan air. Air diangkut ke seluruh bagian tumbuhan, seperti darah mengalir dalam tubuh manusia. Semua reaksi kimia tumbuhan, misalnya pembuatan makanan dengan bantaun cahaya Matahari (fotosintesis), terjadi menggunakan air. Air diserap dari tanah melalui akar dan menyusun setidaknya 80 % dari seluruh bagian tumbuhan. Tekanan air menjaga batang dan daun tetap tegak.
  1. Pengangkut air
    Bagian dalam batang tumbuhan dibentuk oleh ribuan tabung kecil, yg disebut pembuluh. Pembuluh terbuat dari sel-sel yang terhubung dari ujung ke ujung dan kemudian mati, meninggalkan tabung kosong. Dalam tabung-tabung tipis ini, tegangan permukaan bekerja dengan menarik air ke atas batang, yang dikenal sebagai gaya kapilaritas.
  2. Rambut akar
    Akar-akar kecil (seperti pada benih yang sedang tumbuh ini) tertutup oleh ratusan tonjolan kecil yang disebut rambut akar. Rambut akar memberikan luas permukaan yang amat besar untuk menyerap air. Setiapp rambut akar hanya selebar 0,1 mm dan tertutup selapis sel saja sehingga lebih cepat menyerap air dan zat hara dari tanah.
  3. Transpirasi
    Transpirasi adalah hilangnya uap air dari permukaan tumbuhan. Air yang hilang karena proses transpirasi digantikan oleh air  dari tanah. Apabila air yang ditranspirasi tidak bisa digantikan dengan air dari tanah, tumbuhan dengan cepat akan layu.

2 komentar:

  1. Air adalah sumber kehidupan di dunia ini.
    Patut disyukuri nikmat yang dikaruniai oleh Tuhan ini. ^_^
    Salam

    BalasHapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com