Sistem Penanggalan Masehi atau Syamsiyah

Sistem Penanggalan -  Apakah kalian sering merayakan hari kelahiran kalian? Dari mana kita tahu waktu kelahiran kita? Jawabannya adalah dengan adanya sistem penanggalan. Penanggalan atau kalender adalah sebuah sistem untuk memperhitungkan waktu dengan membaginya ke dalam hari, minggu, bulan, dan tahun. Sistem ini digunakan untuk menandai hari raya dan hari besar keagamaan dan untuk menjadwal pekerjaan tertentu. Misalnya menanam bibit dan memanen tanaman. Sistem penanggalan dipengaruhi oleh gerakan Bulan dan Bumi. Ada dua sistem penanggalan, yaitu penanggalan Masehi atau tahun penanggalan Syamsiah dan Hijriah atau tahun Komariyah.
Tahun Masehi atau Tahun Syamsiah
Tahun Masehi atau tahun Syamsiah dihitung berdasarkan revolusi bumi. Waktu yang diperlukan Bumi untuk sekali revolusi adalah 365,25 hari. Dalam tahun Masehi, satu tahun dibagi menjadi dua belas bagian. Julius Caesar dari Kerajaan Romawi, adalah raja yang berjasa dalam penetapan tahun Masehi.
Dia memerintahkan Sosigenes, ahli matematika Yunani, untuk mengembangkan sistem penanggalan ini, yang akhirnya menetapkan satu tahun ada 365 hari. Sementara itu, sisa seperempat hari dari setiap tahun dikumpulkan menjadi satu hari, setelah empat tahun. Orang yang lahir pada tanggal
29 Februari merayakan hari ulang tahunnya setiap empat tahun sekali. Tambahan satu hari ini dimasukkan ke dalam Bulan Februari yang biasanya hanya memiliki jumlah hari sebanyak 28 hari. Akibatnya, dalam empat tahun sekali, Bulan Februari memiliki jumlah hari sebanyak 29 hari. Tahun
inilah yang disebut tahun kabisat, yang memiliki 366 hari. Tahun-tahun yang dapat dibagi empat disebut tahun kabisat. Sementara itu, tahun lainnya akan menjadi tahun biasa. Jadi, tahun 2000 dan tahun 2004 adalah tahun kabisat. Sementara itu, tahun 2002 dan tahun 2006 adalah tahun biasa.

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.CLUB :-*
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com