Kegunaan Energi Listrik

Energi listrik sangat banyak manfaatnya. Berbagai kegiatan manusia sangat bergantung pada energi listrik. Listrik digunakan untuk menyalakan pompa air di rumah, memasak nasi dengan rice cooker, dan menyalakan lampu belajar untuk penerangan. Listrik di rumah kita berasal dari pembangkit tenaga listrik. Energi listrik ini dialirkan ke rumah, sekolah, pabrik, dan kantor menggunakan kabelkabel
penghantar. Pada awalnya dalam suatu rumah tangga listrik digunakan hanya sebatas untuk penerangan lampu listrik. Seiring perkembangan teknologi, listrik digunakan manusia untuk mengoperasikan berbagai peralatan. Teknologi membantu melakukan pekerjaan dengan lebih cepat dan mudah.
Teknologi komputer banyak digunakan sebagai alat bantu dalam bidang pendidikan, hiburan, dan pekerjaan. Komputer dapat melakukan berbagai operasi perhitungan dan peyimpanan data. Sementara itu, televisi merupakan teknologi yang membantu manusia memperoleh berbagai macam informasi secara audio visual (pandang dengar).
Kita dapat mengetahui berbagai kejadian yang terjadi di seluruh pelosok tanah air dan di berbagai penjuru dunia dengan mendengar dan melihat televisi. Beberapa peralatan dapur seperti blender, mixer, dan oven juga membantu kegiatan memasak sehingga lebih cepat selesai. Dalam memanfaatkan energi listrik kita harus hati-hati. Listrik dapat menjadi kawan karena listrik sangat bermanfaat. Namun, listrik juga bisa menjadi lawan karena berbahaya jika penggunaannya tidak sesuai aturan. Kesalahan dalam menggunakan peralatan dapat menimbulkan kecelakaan. Pernahkah kalian tersetrum? Tubuh terasa bergetar ketika menyentuh peralatan listrik yang terkelupas. Jika arus yang mengalir terlalu besar akan dapat menyebabkan kematian pada seseorang. Oleh karena itu, berhati-hatilah ketika berhubungan dengan
listrik. Bahaya lain yang dapat diakibatkan listrik adalah terjadinya kebakaran. Salah satu penyebab terjadinya kebakaran adalah terjadinya hubungan pendek (korsleting). Salah satu penyebab hubungan pendek adalah kerusakan kabel, misalnya kabel terkelupas sehingga kawat di dalamnya bersentuhan. Hal ini menyebabkan arus listrik yang mengalir bertambah besar. Arus listrik yang tinggi sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kabel meleleh dan mengeluarkan percikan api. Jika percikan api mengenai benda-benda yang mudah terbakar, seperti komputer membutuhkan listrik.
Benjamin Franklin dari Amerika Serikat melakukan percobaan bermain layang-layang dengan seutas kawat logam di tengah badai. Franklin membuktikan bahwa kilat adalah salah satu bentuk aliran listrik.
kertas, kain, dan kayu kering akan dapat menimbulkan kebakaran.
Terjadinya kebakaran itu dapat dicegah. Bagaimanakah caranya? Di tiap-tiap rumah biasanya dipasangi sebuah alat yang disebut sekring. Apakah sekring itu? Sekring berfungsi sebagai alat pengaman.
Benda ini terbuat dari kawat halus. Kenaikan arus listrik secara tiba-tiba akan memutuskan kawat
pada sekring, sebelum arus listrik itu merusak komponen listrik lainnya. Kecelakaan listrik sebenarnya dapat dicegah, sehingga berbagai bahaya dan kerugian dapat dihindari. Selain itu, keselamatan jiwa juga akan lebih terjaga. Kalian dapat mengurangi terjadinya kecelakaan listrik dengan melakukan beberapa
upaya sederhana berikut ini.
  1. Pastikan tangan dan kaki kalian kering saat menggunakan peralatan listrik.
    Tubuh yang basah menjadi lebih mudah dialiri arus listrik, karena air dapat menghantarkan listrik.
  2. Segera mengganti kabel listrik yang terkelupas serta tidak menggunakan alatalat listrik yang rusak. Apabila hal ini tidak dilakukan akan sangat berbahaya. Kabel listrik yang terbuka atau terkelupas dapat menyebabkan hubungan pendek (korsleting).
  3. Pastikan steker dan stopkontak selalu terbebas dari air. Steker dan stopkontak yang basah dapat berbahaya karena air dapat menghantarkan listrik. Apalagi jika tangan juga dalam keadaan basah, maka akan semakin tinggi tingkat bahayanya.
  4. Stopkontak hanya berpasangan dengan steker. Jangan pernah memasukkan benda apapun ke dalam stopkontak, selain steker. Lemari es, televisi, dan kipas angin dapat beroperasi, jika steker pada masing-masing alat tersebut dihubungkan pada stopkontak. Dengan demikian, arus listrik dapat mengalir. Apa yang terjadi jika kalian memasukkan kawat logam ke dalam stopkontak? Ya, benar! Arus listrik akan mengalir melalui kawat logam sebagai penghantar, dan mengenai tubuh kalian, sehingga kalian tersetrum.
  5. Jangan bermain-main dengan listrik. Apabila kalian menemukan peralatan listrik di rumah ada yang rusak, segeralah lapor pada orang tua kalian. Alat listrik yang rusak harus segera ditangani atau diperbaiki oleh ahli elektronik. jangan coba-coba memperbaiki alat listrik yang rusak tersebut.
Beberapa cara di atas memang terlihat sederhana dan sepele untuk dilakukan hingga terkadang manusia sering lalai. Namun, dari hal sederhana itu, bahaya yang besar dapat dihindari.

3 komentar:

  1. Gak kebayang deh suatu saat jika tanpa listrik

    BalasHapus
    Balasan
    1. gelap gulita dan sesak napas rasanya kalau malam ya gan

      Hapus
  2. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com