Materi Pelajaran IPS Kelas 2 SD / MI Tentang Dokumen Penting Keluarga

Adrian sedang mempersiapkan sekolah. Besok ia akan belajar tentang dokumen penting yang dimiliki keluarga.Adrian diberi tugas oleh gurunya untuk membawa akta kelahiran.
Adrian bertanya kepada ibunya, dimanakah akta kelahirannya disimpan. Ibu mengambilkan akta kelahiran yang diminta Adrian. Akta kelahiran itu disimpan di dalam lemari.
Dalam map itu, ada beberapa lembar kertas lain, selain akta kelahirannya. Ibu menjelaskan isi  map itu kepada Adrian, ternyata dalam map  itu ada akte kalhiran ayah, ibu , kakanya, adiknya dan Adrian. 
Dalam map itu juga ada kartu keluarga dan sertifikat tanah rumah.
Apakah keluargamu memiliki dokumen seperti yang dimiliki Adrian?

Dokumen adalah bukti keterangan peristiwa yang telah dialami, baik berupa surat tertulis, rekaman suara, atau gambar. 
Dokumen tersebut antara lain sebagai berikut :
  • Akta Kelahiran
  • Kartu Tanda Pendududuk (KTP)
  • Buku rapor
  • Ijazah
  • Surat Ijin Mengemudi (SIM)
  • Kartu Keluarga
  • Sertifikat rumah
Akte Kelahiran
Akte kelahiran dapat mengingatkanmu pada peristiwa kelahiran.
Dalam akte itu tertulis nama, tempat tanggal lahir, dan nama orang tua. Akte kelahiran dibuat oleh pemerintah di kantor catatan sipil.

Kartu Tanda Penduduk (KTP)
Kartu Tanda Penduduk (KTP) dimiliki setiap warga negara yang sudah berusia 17 tahun. Dalam KTP itu tertulis, Nomor KTP, nama , tempat tanggal lahir, status, agama, pekerjaan, dan alamat.

Buku raport
Buku Raport adalah buku yang melaporkan hasil belajar siswa, buku raport termasuk dalam dokumen keluarga. Di dalamnya berisi nilai mata pelajaran yang diperoleh siswa setiap satu semester.

Ijazah
Ijazah adalah surat tandaa tamat atau lulus dari satuan jenjang pendidikan. Kamu akan mendapatkan ijazah setelah kamu lulus dari sekolah tersebut.

Surat Izin Mengemudi (SIM)
Surat Izin Mengemudi (SIM), yaitu surat yang diberikan kepolisian kepada seseorang. Setiap orang yang memiliki SIM, boleh mengendarai kendaraan. Biasanya SIM boleh dimiliki oleh orang yang sudah berusia 17 tahun.

Kartu keluarga
Kartu keluarga (KK) merupakan salah satu dokumen yang dimiliki oleh keluarga. Kartu keluarga berisi nama-nama anggota keluarga, tempat tanggal lahir, pekerjaan dan kedudukan dalam keluarga.

Sertifikat Tanah atau rumah
Sertifikat rumah merupakan surat kepemilikan rumah. Misalnya, sertifikat rumah yang dimiliki oleh keluarga Adrian. Surat tersebut menjadi bukti bahwa Ayah Adrian merupakan pemilik sah rumah dan tanah yang mereka tempati.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com