Pentingnya Tumbuhan Bagi Kita

Tanaman yang ada disekitar kita banyak sekali manfaatnya. Ketika kalian melihat jalan-jalan dikota-kota besar, kalian akan melihat banyak pepohonan ditanam dipinggir jalan.  Pepohonanyang ditanam menghasilkan udara segar. Udara segar dibutuhkan oleh mahluk hidup, khususnya manusia. Selain itu, pepohonan berguna sebagai tanaman peneduh dan juga untukkeindahan. Dipedesaan dan di pegunungan amsih banyak tanaman rindang udaranya sangat seger. Pepohonan merupakan penghasil udara segar yang sangat baik untuk kesehatan.

Akar tumbuhan berguna untuk melindungi tanah pegunungan yang posisinya miring. Kemiringan tanah pegunungan sangat rawan terhadap pengikisan air hujan. Erosi adalah terkikisnya tanah oleh air. Gunung yang gundul mudah terkikis oleh air hujan. Air mengalir sangat deras, tidak ada tanaman pelindungnya. Jika hujan turun sangat lebat bisa mengakibatkan banjir daerah dibawahnya. Itulah gunanya hutan. gunung yang tumbuhannya masih lebat dapat melindungi tanah dibawahnya permukaan tanah agar tidak mudah terkikis. Akar tumbuhan hutan yang lebat dapat menyerap dan menahan air hujan. Air hujan tidak mengalir dengan deras. daerah dibawahnya selamat dari banjir. Jadi kita harus menjaga kelestarian hutan degan cara tidak boleh menebang hutan sembarangan karena dapat merugikan banyak orang.

Manfaat Tumbuhan:
  1. Membuat udara menjadi sejuk dan segar
  2. Membuat lingkungan menjadi teduh dan asri
  3. Untuk bahan makanan manusia dan hewan.
Cara mencintai tumbuhan: 
  1. Menyiram tumbuhan setiap hari
  2. Memberi pupuk secara teratur
  3. Memberi obat pembasmi hama
  4. Membersihkan bagian tumbuhan yang layu
  5. Tidak merusak tumbuhan.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Copyright © Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com